Penggunaan Geotextile Untuk Jalan

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit. Just Wait...

Penggunaan Geotextile Untuk Jalan - Struktur tanah mengacu pada susunan tanah yang dipisahkan menjadi satuan yang disebut agregat tanah. Agregat memiliki padatan dan ruang pori. Agregat dipisahkan oleh bidang lunak dan didominasi oleh partikel tanah liat. Partikel pasir halus juga bisa menjadi bagian agregat. Agregat bertindak seperti partikel lanit atau pasir yang lebih besar tergantung pada ukurannya.

Tipe Struktur Tanah


Susunan agregat tanah akan memberikan bentuk yang berbeda pada struktur tanah. Proses alami yang membantu pembentukan agregat adalah:

  • Pembasahan dan pengeringan
  • Pembekuan dan pencairan
  • Aktivitas mikroba yang membantu peluruhan bahan organik
  • Aktivitas akar dan hewan tanah


1.Pengolahan Tanah

Pengolahan tanah kemungkinan mempengaruhi struktur lapisan olah kearah yang menguntungkan ataupun merugikan. Pengolahan tanah pada kondisi kelewat basah/tergenang akan merusak struktur tanah terutama tanah dengan kandungan lempung tinggi. Mengolah tanah dalam keadaan terlalu kering juga akan merusak struktur tanah (tanah berpasir).


2. Penggunaan Bahan Perbaikan Geosynthetics/Geosintetik

Bahan sintetik polimer yang mempunyai berat molekul tinggi banyak digunakan untuk memperbaiki struktur tanah, meningkatkan daya kohesi partikel tanah berpasir atau melonggarkan agregat tanah lempung. Ada banyak macam bahan geosynthetics yang digunakan untuk memperbaiki permeabilitas dan daya menahan lengas untuk meningkatkan ketersedian air , meningkatkan stabilitas struktur dan mempertahankan tanah dari kerusakan akibat erosi.


3. Produk Geosynthetics Yang Tepat Untuk Konstruksi Jalan.

Indonesia saat ini di era kepimimpinan Presiden Joko Widodo pembangunan infrastruktur jalan sedang digenjot diberbagai daerah seperti proyek jalan tol, jalan daerah pedesaan Dsb. Daerah di Indonesia mempunyai kondisi struktur tanah yang beragam, dimana kondisi tanah tersebut ada yang sudah bagus dan tidak bagus untuk pembangunan konstruksi jalan. Oleh karena itu dibutuhkan material geosynthetic untuk memperbaiki kondisi tanah yang tidak bagus tersebut.


4. Jenis – Jenis / Kategori Geotextile

Geotextile memiliki dua kategori yaitu Woven Geotextile dan Non Woven Geotextile dimana masing-masing kategori tersebut memiliki keunggulan – keunggulan tergantung dari bidang tanah yang digunakan untuk membangun konstruksi jalan.

Untuk penjelasan dan keuntungan jenis bahan tersebut akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penggunaan Geotextile Untuk Jalan"

Posting Komentar